Aplikasi untuk Desktop Linux semakin banyak dan cara memasangnyapun semakin dipermudah. Dahulu untuk memasang sebuah aplikasi sangat tergantung pada paket aplikasi yang ada pada repository sebuah distro. Namun sayangnya tidak semua distro dapat dengan mudah memasangnya. Sebagai contoh ada aplikasi tersedia dengan mudah pada Ubuntu, namun pada Fedora membutuhkan keja keras karena tidak ada repositorynya dan hanya tersedia dalam bentuk source code saja. Nah dengan hadirnya flatpak dan snap dari canonical, pemasangan aplikasi jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Memasang snap pada Fedora Workstation

Seperti halnya flatpak, snap merupakan kumpulan aplikasi yang siap pakai untuk setiap Desktop Linux. Sampai saat ini Snap mendukung beberapa distro populer termasuk Fedora.
Berbeda dengan flatpak yang sudah terpasang padasaat Fedora dipasang, snap untuk fedora dipasang kemudian setelah berjalan pada desktop. Cara pasangnya cukup mudah yaitu dengan memasang dan mengaktifkan layanan snapd pada Fedora Workstation.
$ sudo dnf install snapd
Setelah instalasi restart Fedora Workstation, atau keluar (log out) dari Dekstop yang sedang dipakai dan masuk (log-in) kembali. Selanjutnya buat symbolic link untuk menambahkan dukungan pada snap classic.
$ sudo ln -s /var/lib/snapd/snap /snap

Pilih dan Pasang Aplikasi dengan snap

Canonical menyediakan Snap Store untuk semua pengguna linux untuk mencari dan memasang aplikasi yang tersedia pada repository-nya. Jika memiliki waktu yang cukup luang daftar aplikasi yang terdapat pada snap store dapat dilihat dengan seksama satu persatu.
Pencarian aplikasi pada snap dapat dilakukan pula pada terminal console dengan perintah:
$ sudo snap find [nama aplikasi]
Sebagai contoh memasang web browser Opera dengan mudah dengan menggunakan snap dengan mencarinya pada snap dan memasangnya kemudian.
Pada contoh di atas, Web Browser opera pada snap memiliki nama opera, untuk memasangnya dapat dilakukan pada terminal dengan perintah:
$sudo snap install opera
Pencarian dan pemasang apalikasi pada snap dapat pula dilakukan dengan GNOME Software (atau Discover untuk KDE Desktop). Cari, pilih dan klik install untuk mulai memasang. Selesai!